BLOG INI MILIK MUHAMMAD SALMAN UMAR IMANI - MAHASISWA AGROTEKNOLOGI - FAKULTAS PERTANIAN - UNIVERSITAS PADJADJARAN Dokter Tanaman: Screen House (Rumah Kasa)
Nematoda mati pada suhu 45 derajat celcius##Plutella xylostella menyerang daun kubis- kubisan, sedangkan Crocodolomia pavonana menyerang Crop kubis## Kemunduran Benih Meningkat Sejalan Dengan Meningkatnya Kadar Air Benih ## protektan mencegah masuknya penyakit yang masih diluar benih agar tidak masuk kedalam benih, desinfektan mencegah penyakit yang sudah menempel dibenih agar tidak masuk kedalam benih, desinfektan mengobati benih yang telah terinfeksi oleh penyakit##

Rabu, 14 September 2011

Screen House (Rumah Kasa)

       Perbaikan Teknik Budidaya untuk tanaman holtikultur, yaitu dengan menggunakan screen house atau rumah paranet. Konsep ini lebih mengarah kepada metode protektif, maksud dari protektif disini adalah tanaman- tanaman budidaya yang kita budidayakan ditanam didalam paranet, dan paranet ini lebih melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit. Screen house ini bukan asli berasal dari Indonesia, screen house ini adalah introduksi metode dari eropa, dan sebenarnya ada alih fungsi dari screen house ini ketika sampai diindonesia. Fungsi sebenarnya dari screen house ketika di eropa adalah untuk menjaga kondisi didalam screen house terjaga, suhu dan kelembabannya, karena memang kondisi cuaca disana sangat ekstrim dan mereka berfikir bahwa screen house bisa menjadi salah satu solusinya. Screen house ini adalah modifikasi dari green house, hal ini dikarenakan mungkin green house terlalu mahal. Karena kassa/ paranet untuk screen house relative lebih murah dibandingkan plastic UV untuk green house. 

      Metode budidaya yang dilakukan sama seperti metode budidaya professional yaitu perencanaan, kemudian pemilihan benih, penyemaian (hanya untuk sayuran{yang memiliki benih kecil}), tanam, panen, dan pasca panen. Pemilihan benih sangat lah penting karena benih adalah awal dari segalanya, jika benihnya kurang baik, maka bisa dipastikan hasilnya pun tidak akan baik. Syarat benih yang berkualitas adalah sebagai berikut : kemurnian lebih dari atau sama dengan 90%, benih sehat ( tidak tertular penyakit), daya kecambah lebih dari 90%, vigor tinggi, baik secara genetis, dan sebaiknya disarankan kita sebagai petani professional harus memilih benih yang bersertifikat karena benih yang telah melalui tahap sertifikasi itu sudah memiliki criteria- criteria yang telah disebutkan diatas tadi. Dalam konsep screen house ini (atau metode protektif), media tanam harus lah higienis, agar terjaga dari penyakit. Oleh karena itu sebelum tanam tanah sebagai media tanam tersebut harus distreilisasi terlebih dahulu dengan cara diuapkan, dengan dicampur fitmos dan sekam perbandingan 3:1. 
        Dalam konsep ini, irigasi sangatlah penting karena irigasi yang buruk akan membuat kondisi ruangan didalam rumah kassa akan membuat ruangan sangat lembab, dan itu akan mengundang pathogen datang, kondisi seperti itu sangat disukai oleh pathogen. Mulsa adalah salah satu bagian penting dari konsep rumah kassa ini. Karena mulsa dapat membuat tanaman lebih nyaman. Fungsi mulsa antara lain : memlihara kelembaban agar tetap terjaga(tidak terlalu tinggi), memelihara suhu (agar tidak rendah), mengaktifkan organism- organism antagonis, menonaktifkan gulma- gulma, dll.

8 komentar:

  1. cuma mau nambahkan tentang keuntungan dari screen house itu sendiri:
    1. temperatur udara dalam bangunan bisa lebih rendah dibandingkan di lahan terbuka.
    2. air hujan dapat masuk, tetapi karena penggunaa screen itu sendiri maka aliran yang masuk akan lebih halus.
    3. intensitas cahaya lebih rendah.
    4. kelembaban dapat lebih stabil.
    5. melindungi tanaman dari gangguan biologis.

    tetapi selain keuntungan itu sendiri screen house memiliki kelemahan juga, misalnya:
    1. screen house tidak dapat tahan lama, hanya bisa tahan 1-2tahun saja.
    2. bahan screen menahan sinar matahari 32% (dalam penggunaan 24mesh, apabila makin besar penggunaan mesh nya maka semakin besar juga dapat menahan sinar matahari) sehingga tanaman dapat mengalami "etiolasi" yaitu pembesaran daun, tetapi makin lemah nya batang/makin lunak.
    3. apabila hama sudah masuk kedalam screen house maka sulit untuk dikendalikan, bahkan dapat mengakibatkan hancurnya tanaman, maka oleh karena itu pengendalian yg hanya dapat dilakukan adalah penggunaan pestisida.

    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih info nya, sangat bermanfaat sekali.

      Hapus
  2. Wah, hebat si Ali..
    makasih li infonya..
    really useful..

    BalasHapus
  3. mau baca tentang screen house, eh tauny tulisan lu cuuuy. salmoon salmon, ga nyangka bisa nulis juga. hahahah

    BalasHapus
  4. Sedikit menambahkan,kalau kami sebagai petani menggunakan green house atau screen house tergantung apa yang akan kami tanam dan system penanaman apa yang akan kami gunakan.Karena meskipun fungsi dari kedua bangunan itu sama,tapi ada sedikit perbedaan baik dari segi bentuk dan bahan yang digunakan.Untuk bangunan green house secara umum biasanya akan menggunakan palstik uv pada baian atap dan screen net pada bagian dinding bangunannya,tanaman yang menggunakan greenhouse salah satunya adalah tanaman bunga krisan dan penanaman sayuran dengan system hidroponik,karena tanaman tersebut membutuhkan system penyiraman yang teratur,dengan adanya plastik uv pada greenhouse,maka air hujan tidak akan bisa masuk begitu saja.Sedangkan untuk Bangunan screen house,pada seluruh bangunana rangkanya (bagian atap dan dindingnya) menggunakan screen net,di sini memungkinkan air hujan dapat masuk ke areal tanaman,biasanya pada bangunan ini dikhususkan untuk tanaman yang tidak memerlukan perlakuan khusus pada system penyiramannya.
    Dan sedikit info juga khususnya untuk mas ali,sekarang sudah ada screen net yang daya tahan nya lebih dari 5 tahun,untuk info lebih lanjut bisa hubungi orang yang komen diatas saya ini.Betul kan bu Agis?

    Hatur nuhun

    BalasHapus
  5. Sangat berguna utk pengetahuan. Tq tq

    BalasHapus
  6. Saya punya bangunan bekas kandang ayam,untuk d jadikan screen house apakah bisa,untuk bangunanya d dataran rendah dan bangunanya menghadap timur k barats?atas jawabannya...

    BalasHapus