BLOG INI MILIK MUHAMMAD SALMAN UMAR IMANI - MAHASISWA AGROTEKNOLOGI - FAKULTAS PERTANIAN - UNIVERSITAS PADJADJARAN Dokter Tanaman: Comeback ! I'm Researcher
Nematoda mati pada suhu 45 derajat celcius##Plutella xylostella menyerang daun kubis- kubisan, sedangkan Crocodolomia pavonana menyerang Crop kubis## Kemunduran Benih Meningkat Sejalan Dengan Meningkatnya Kadar Air Benih ## protektan mencegah masuknya penyakit yang masih diluar benih agar tidak masuk kedalam benih, desinfektan mencegah penyakit yang sudah menempel dibenih agar tidak masuk kedalam benih, desinfektan mengobati benih yang telah terinfeksi oleh penyakit##

Jumat, 27 November 2015

Comeback ! I'm Researcher

Tak sengaja, sedang mempersiapkan materi untuk training PHT esok hari, ketika sedang googling untuk pendukung materi saya menemukan blog lama yang muncul kembali. Rasanya seperti dipanggil kembali untuk kembali menulis hal bermanfaat. Saya pikir itu adalah ide bagus, karena sekarang saya sudah bertransformasi dari yang dulu hanya seorang mahasiswa sekarang sudah meningkat menjadi seorang researcher. Sekarang saya sudah bekerja di sebuah lembaga riset swasta perkebunan kelapa sawit, banyak pengalaman yang bisa saya sharingkan mengenai kelapa sawit. lembaga riset ini melakukan banyak sekali percobaan terkait kelapa sawit, saya sangat menikmatinya.

Saya bisa sharing mengenai isu isu hangat yang terjadi diperkebunan kelapa sawit, khususnya tempat saya berada, di Jambi. banyak sekali isu yang bisa dibahas dari HPT dimana kemunculan spesies ulat kantong baru yaitu Clania tertia yang hingga saat ini belum bisa terselesaikan, hingga masalah agronomis dengan banyaknya fenomena patah pelapah yang sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Mungkin itu pembukaan dari saya, semoga ini menjadi titik balik saya menjadi seorang researcher yang baik dengan menuliskan semua kejadian disini. itu saja, salam olahraga!


M Salman Umar
SMARTRI - Researcher

Tidak ada komentar:

Posting Komentar